Bangunan

Cara Memasang Baja Ringan Reng Taso Pada Atap Rumah

Cara memasang reng taso pada atap rumah

Saat memasang baja ringan reng taso, tentunya anda harus memperhatikannya dengan baik. Namun, untuk anda yang belum memahaminya, di bawah ini akan dipaparkan langkah-langkahnya untuk anda.

Persiapan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan berbagai alat seperti hexagonal socket, waterpass, bor, meteran, siku, mesin pemotong, palu, dan gergaji besi. Jangan lupa juga untuk merencanakan pemasangan atap. Desain skema proyek perlu disusun dengan hati-hati sebagaimana saat anda memilih desain yang bagus untuk rumah.

Leveling

Pada tahapan leveling ini, maka anda perlu memakai penyiku dan selang air waterpass dalam mengatur ring balok supaya rata. Pastikan bahwa rangka dasar ring balok telah mengikat semua bagian bangunan dan telah tersambung dengan baik. Kemudian ukurlah jarak yang dibutuhkan antar meteran dan kuda-kuda. Supaya terukur dengan tepat, maka berilah tanda dalam menempatkan kuda-kuda supaya bisa disesuaikan dengan rencana gambar yang sudah dibuat sebelumnya.

Penyusunan dan pemasangan kuda-kuda

Saat pemasangan kuda-kuda, maka pastikan bahwa kedua sisi kiri dan kanan yang dirangkai tidak terbalik. Untuk mengukur agar posisi berdirinya kuda-kuda bisa tegak lurus dengan ring balok, maka anda bisa menggunakan lot dan benang. Jika ingin mengencangkan kuda-kuda yang telah disusun, maka gunakan 4 buah screw 12-14×20 dan plat L. Supaya posisi kuda-kuda tidak berubah, anda bisa menguatkannya dengan memakai dynabolt, kemudian tambahkan balok penopang sementara.

Anda bisa mengulangi langkah-langkah tersebut dalam mendirikan kuda-kuda dan bisa menyesuaikannya dengan rancangan gambar. Periksalah dengan baik semua jarak antara satu kuda-kuda dengan yang lainnya. Maksimum ukuran jaraknya adalah 1,2 m. Lihatlah kembali apakah garis noknya dan kedataran bagian atas kuda-kuda sudah sejajar atau tidak. Jika sudah sejajar, maka pasanglah balok nok. Pasanglah pengikat sebagai penguat di bawah dan di atas.

Jika anda menggunakan aluminium foil, maka lapisan ini terlebih dahulu dapat dipasang di atas truss, rafter, dan jurai. Pasang rof buttens yang memiliki jarak menyerupai jenis penutup atap yang digunakan. Anda dapat mengikat setiap pertemuan antara kuda-kuda dan rof buttens memakai screw yang berukuran 10-16×16 (berjumlah dua buah). Setelah kuda-kuda terakhir yang menyokong outrigger atau ringbalk, maka pasanglah gording tambahan.

Berilah jarak 120 cm saat pemasangan ceiling battens antara dengan satu dan lainnya. Gunakan komponen ini pada bagian atas dari bottom chor kuda-kuda serta screw. Selanjutnya berilah bantalan bracket yang sudah diikat memakai dua buah dynabolt di permukaan ceiling battens dan ring balok. Fungsi dari ceiling battens ini adalah memperkuat ikatan antar kuda-kuda. Ceiling battens sebaiknya diletakkan di atas bottom chord, ketika dibutuhkan sambungan yang memanjang.

Semoga bermanfaat! Demikianlah berbagai pembahasan mengenai cara pemasangan baja ringan reng taso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *