Genset

Cara Menggunakan Genset Bensin Untuk Pemula

Penggunaan genset bensin

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan generator set atau genset bensin, maka ini akan menjadi ulasan yang tepat, tentang bagaimana cara menggunakannya.

  1. Cek bahan bakar

Sebelum menyalakan generator set bensin, maka pertama-tama cek ketersediaan bahan bakar. Pastikan isi bahan bakar sudah sesuai dengan kapasitas yang ditentukan sebelumnya, jangan terlalu penuh atau bahkan terlalu sedikit.

  1. Cek pelumas mesin

Berikutnya cek juga pelumas pada mesin genset. Pastikan pelumas atau oli sudah terisi penuh. Jenis oli yang digunakan pada genset biasanya cukup beragam.

  1. Cek kondisi aki

Langkah berikutnya adalah mengecek kondisi aki pada generator set. Pengecekan accu atau aki ini biasanya dilakukan secara langsung. Jika aki dalam kondisi baik, maka mesin akan langsung menyala. Sebaliknya jika mesin tidak langsung menyala, ketika dihidupkan, maka itu artinya aki dalam kondisi tidak baik.

Anda dalam hal ini, perlu memeriksa aki dengan beberapa konektor yang terhubung. Apabila terjadi masalah dengan kabel dan konektor, sebaiknya ganti.

  1. Cek MCB Listrik

Salah satu hal wajib yang harus dilakukan adalah mengecek MCB listrik. Hal ini tentunya harus Anda lakukan, jangan sampai arus listrik yang nantinya teraliri listrik mengalami masalah, hingga menjadi short. Anda juga perlu memperhatikan kabel yang berfungsi untuk menopang beban listrik. Pastikan juga MCB panel dari generator atau juga sakelar PLN, dalam kondisi mati atau off. Agar penyebaran arus listrik yang tidak teratur dapat dihindari, dan meminimalisir resiko kecelakaan kerja.

  1. Menyalakan genset bensin

Setelah melakukan serangkaian pengecekan berbagai komponen pada generator set. Berikutnya adalah tahap pengaktifan. Dalam hal ini, Anda perlu memastikan choke genset sebelum dinyalakan. Ubah posisi, untuk mempercepat proses pengoperasian genset, ketika dihidupkan.

Choke sendiri biasanya berada di dekat karburator, dan dilengkapi dengan logo segitiga. Tuas choke ada di puncak logo segitiga. Pastikan posisi engine switch atau saklar mesin dalam kondisi on atau menyala. Sedangkan tuas pengatur udara atau juga hoke, dalam kondisi on atau menyala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *