Kuliner

Tips Memilih Menu Nasi Kotak Yang Tahan Lama

Paket nasi kotak yang tahan lama

Nasi kotak merupakan solusi mudah bagi anda yang tidak ingin repot-repot menyiapkan konsumsi untuk suatu acara. Namun adakalanya, konsumsi yang anda sediakan ternyata tidak dapat langsung di konsumsi atau acara yang berlangsung ternyata jauh lebih lama dibanding rencana anda. Menu yang ada didalam kotak mungkin saja akan cepat basi karena terkontaminasi bakteri dan pembusukan bila disimpan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, anda bisa memerhatikan beberapa hal berikut agar menu konsumsi paket nasi kotak yang anda sediakan tidak cepat basi.

  1. Perhatikan Wadah

Kotak atau wadah yang anda pesan tidak harus terbuat dari kardus. Anda harus memastikan bahwa kotak yang dipakai juga food grade, sehingga tidak terkontaminasi zat-zat kimia berbahaya. Jika anda memiliki anggaran cukup, tidak ada salahnya memilih material kotak yang rapat dan kedap udara. Hal ini bisa memperlambat perkembangan bakteri dan pembusukan bahan makanan.

  1. Pisahkan Masing-Masing Isi

Sebaiknya menu yang dipilih dipisahkan masing-masing. Tidak ada salahnya anda meminta jasa paket nasi kotak yang anda pesan untuk membungkus masing-masing makanan, sehingga udara tidak mudah masuk ke dalam makanan. Selain itu, membungkus masing-masing sajian juga akan menghindari kontaminasi bau apabila salah satu bahan makanan ternyata sudah basi. Sebab ada pula kemungkinan nasi dibawa pulang oleh tamu undangan dan tidak langsung disantap.

  1. Pilih Menu Yang Tidak Mudah Basi

Jika anda ingin mencari cara aman, ada baiknya anda memilih menu makanan yang tidak mudah basi. Menu seperti ayam goreng  atau bakar akan lebih awet dibanding opor ayam yang mengandung santan. Tambahan sayuran masak juga bisa dihilangkan dan diganti dengan lalapan. Jika menambahkan sambal, sebaiknya tetap dipisahkan dengan membungkusnya dalam plastik kecil. Dengan memilih menu yang tidak mudah basi, nasi kotak anda bisa bertahan lebih lama.

  1. Perhatikan Ruang Penyimpanan

Menyimpan nasi kotak yang belum disajikan juga harus hati-hati. Lebih baik anda menaruh nasi kotak di atas meja dan ruangan yang sejuk. Ruangan yang panas dan lembab dapat memicu pertumbuhan bakteri lebih cepat  sehingga makanan cepat basi. Pastikan pula anda telah menjauhkan bahan-bahan kimia yang memiliki bau menusuk seperti sabun, obat nyamuk, maupun kapur barus di sekitar tempat anda meletakan makanan. Aroma barang-barang tersebut sering kali bercampur kedalam makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *