Religi

Terapkan 4 Tips Tetap Sehat Saat Tour Umroh Bagi Wanita Hamil

Ilustrasi

Pengalaman tour umroh terbaik tentu merupakan hal yang sangat didamba hampir semua umat Muslim sedunia. Namun tidak semua orang berkesempatan melaksanakannya. Bagaimana jika seorang wanita yang dalam kondisi hamil ingin melakukan ibadah umroh?

Wanita hamil tidak dilarang melaksanakan ibadah umroh. Contohnya ada, yaitu Asma binti Umais. Siapa dia? Istri Muhammad bin Abu Bakar. Asma pernah melangsungkan ibadah haji saat dirinya hamil tua. Bahkan ia melahirkan anaknya di miqat.

Tentu saja sebagai wanita hamil anda tizdak ingin terjadi hal-hal yang diinginkan saat melaksanakan ibadah umroh. Untuk itu, silahkan disimak 4 tips tetap sehat saat umroh untuk wanita hamil.

  1. Berkonsultasi dengan Dokter Kandungan

Sebelum berangkat tour umroh, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan anda. Ini hal wajib yang harus dilakukan. Wanita hamil diizinkan naik pesawat terbang selama tidak membahayakan dirinya sendiri dan janin dalam kandungan.

Konsultasikan pada dokter mengenai hal-hal yang sebaiknya dihindari. Bahkan, minta vitamin untuk mendukung kesehatan anda selama berada di tanah suci. Oiya, jangan lupa membawa catatan medis dan nomor yang bisa dihubungi untuk berjaga-jaga dalam keadaaan darurat.

  1. Buatlah Diri Sendiri Nyaman Saat di Pesawat

Pada umumnya ada aturan yang melarang wanita hamil untuk melakukan penerbangan. Terutama wanita hamil yang usia kandungannya di bawah 4 bulan atau 15 minggu. Pasalnya, usia kandungan ini masih rawan risiko terjadinya keguguran. Biasanya, wanita hamil yang diizinkan terbang adalah wanita hamil yang usia kandungannya sudah masuk trimester kedua (5 bulan ke atas).

Untuk itu, wanita hamil yang ingin melaksanakan ibadah umroh sebaiknya memastikan bahwa usia kandungannya sudah cukup diajak jalan jauh dan terbang. Selain itu, pastikan posisi anda nyaman selama di pesawat agar tidak kram dan bengkak. Karena perjalanan dari Indonesia ke Mekkah itu memakan waktu 15-18 jam.

  1. Cari Lokasi Hotel Dekat dengan Masjidil Haram

Anda bisa berdiskusi dengan agen travel tour umroh anda untuk mendapatkan hotel yang terletak tidak jauh dari ka’bah. Tentu hal ini akan membuat harga paket umroh anda berubah. Hal ini bertujuan agar anda tidak terlalu kelelahan saat berjalan menuju tempat ibadah.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Bagi wanita hamil, cuaca di tanah suci sangat tidak bersahabat, menyebabkan dehidrasi. Karena itu, sebagai wanita hamil, anda wajib memastikan cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa mencukupi aktivitas anda. Anda juga bisa menghindari makanan dan minuman yang akan mengganggu saluran pencernaan.

Wanita hamil memerlukan kondisi tubuh dan kekuatan lebih supaya bisa melaksanakan umroh dengan baik. Untuk itu, anda wajib memastikan syarat-syarat kesehatan yang diperlukan dan tips umroh wanita hamil agar ibadah umroh menjadi lebih nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *