Bangunan

Kelebihan dan Kekurangan Rangka Baja Ringan

rangka baja ringan atap rumah

Penggunaan rangka baja ringan atap rumah sudah sangat marak belakangan ini dan memang sangat terbukti kokoh serta kuat terhadap goyangan seperti gempa bumi. Banyak sekali jasa konstruksi yang menawarkan baja ringan ini untuk digunakan dengan harga yang lumayan terjangkau. Sehingga sangat memungkinkan sekarang ini bangunan rumah anda bisa menggunakan rangka baja ringan dengan budget yang minim. Anda hanya harus lebih jeli dan teliti saja dalam memilih jenis baja ringan yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi bangunan.

Baja ringan itu sendiri adalah material konstruksi yang digunakan sebagai pengganti kayu dan baja konvensional, yang dari segi harga lebih murah, efisien, dan bebas rayap. Rangka baja ringan ini tersusun dari beberapa lempeng bentuk baja ringan yang mempunyai sifat lentur. Selain dikenal anti gempa baja ringan juga terkenal sangat fleksibilitas dan pemasangan yang praktis.

Salah satu profil baja ringan yang sering digunakan ialah bentuk C dan Omega. Bentuk tersebut dapat dipergunakan untuk menyusun konstruksi baja ringan dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Bentuk baja ringan C merupakan bentuk paling tua dan kelebihan utamanya dibandingkan dengan bentuk lain ialah ketika proses penggabungan. Dua bentuk C yang saling berhadapan jika disatukan akan berbentuk kotak. Biasanya bentuk C ini digunakan untuk konstruksi utama kuda-kuda.

Lalu apa kelebihan dan kekurangan menggunakan rangka baja ringan untuk konstruksi bangunan? Nah, berikut akan kami bagikan kekurangan dan kelebihan menggunakan baja ringan.

Kelebihan Baja Ringan

  1. Bobotnya yang ringan. Jika dibandingkan dengan kayu maka beban yang harus ditanggung oleh struktur dibawahnya lebih rendah.
  2. Sifat dari baja ringan tidak membuat api semakin besar.
  3. Baja ringan tidak bisa dimakan oleh rayap (anti rayap).
  4. Dalam segi pemasangan rangka baja ringan lebih praktis dan cepat jika dibandingkan dengan rangka kayu.
  5. Rangka baja ringan bisa dikatakan tidak memiliki nilai susut atau mengalami pemuaian, sehingga tidak akan mengalami perubahan jika terkena paparan panas dan dingin.

Kelemahan Baja Ringan

  1. Kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti kerangka kayu. Hal tersebut karena sistem rangkanya yang berbentuk menyerupai jaring, sehingga akan sangat kurang menarik jika tidak ada penutup plafond.
  2. Strukturnya yang menyerupai jaring, maka jika ada salah satu bagian yang salah maka ia akan mempengaruhi bagian yang lain. Jadi jika salah satu bagian rangka baja ringan yang dipasang tersebut tidak memenuhi syarat keamanan, maka seluruh pemasangan bisa mengalami kegagalan. Biasanya perhitungan struktur dilakukan oleh bagian structural engineering dari pihak produsen.
  3. Baja ringan ini tidak seflexibel kayu yang bisa dipotong ataupun dibentuk menjadi berbagai bentuk.
  4. Mutu dan kualitas struktur rangka baja ringan kurang terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *